Based on Ujang Sumarwan.2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Pemasaran.
Konsumen adalah makhluk sosial yaitu makhluk yang hidup bersama dengan orang lain dan berinteraksi dengan sesamanya. Orang-orang sekelilingnya inilah yang disebut sebagai lingkungan sosial konsumen.
Salah satu unsur lingkungan sosial adalah budaya (culture)
Budaya adalah segala nilai, pemikiran, simbol yang mempengaruhi perilaku, sikap, kepercayaan dan kebiasaan seseorang dan masyarakat.
Sikap dan perilaku yang dipengaruhi oleh budaya (Engel, Blackwell & Miniard 1995):
- Kesadaran diri dan ruang (sense of self and space)
- Komunikasi dan bahasa
- Pakaian dan penampilan
- Makanan dan kebiasaan makan
- Waktu dan kesadaran akan waktu
- Hubungan keluarga, organisasi dan lembaga pemerintah
- Nilai dan norma
- Kepercayaan dan sikap
- Proses mental dan belajar
- Kebiasaan kerja
- Nilai (Value)—Kepercayaan atau segala sesuatu yang dianggap penting oleh seseorang atau suatu masyarakat.
- Norma (Norms)—Aturan masyarakat tentang sikap baik dan buruk serta tindakan yang boleh dan tidak boleh.
- Kebiasaan (Customs)—Berbagai bentuk perilaku dan tindakan yang diterima secara budaya.
- Larangan (Mores)—Berbagai bentuk kebiasaan yang mengandung aspek moral biasanya berupa tindakan yang tidak boleh dilakukan di dalam masyarakat.
- Konvensi (Conventions)—Segala sesuatu yang menggambarkan norma dalam kehidupan sehari-hari.
- Mitos—Menggambarkan sebuah cerita atau kepercayaan yang mengandung nilai dan idealisme bagi suatu masyarakat (seringkali sulit dibuktikan kebenarannya).
- Simbol—Segala sesuatu (benda, nama, warna, konsep) yang memiliki arti penting lainnya (makna budaya yang diinginkan).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar