kikoo,, mpuss maniss

kikoo,, mpuss maniss
unyuuu bgt

Selasa, 26 April 2011

BAB 1 PENDAHULUAN (CHAPTER 1 INTRODUCTION)

Summarized by Nur Rizky Rahmatia (Mayor Resources and Enviromental Economics, Faculty of Economics and Management, Bogor Agricultural University (IPB))

Based on Ujang Sumarwan.2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Pemasaran. 

Istilah konsumen diartikan menjadi dua jenis konsumen yaitu:
a. Konsumen individu -> membeli barang untuk digunakan sendiri
b. Konsumen organisasi ->membeli produk peralatan dan jasa untuk menjalankan seluruh kegiatan organisasi. Organisasi bisnis, yayasan lembaga sosial, kantor pemerintah dan lembaga lainnya (sekolah, PT, RS)
 
Perilaku konsumen adalah semua kegiatan, tindakan, serta proses psikologisyang mendorong tindakan tersebut pada saat sebelum membeli, ketika membeli, menggunakan, menghabiskan produk dan jasa setelah melakukan hal-hal di atas atau kegiatan mengevaluasi. Studi perilaku konsumen adalah suatun studi mengenai bagaimana seorang individu membuat keputusan untuk mengalokasikan sumberdaya yang tersedia (waktu, uang, usaha, dan energi).
            
Alasan perilaku konsumen harus dipelajari :
1.   Kepentingan untuk pemasaran
2.   Kepentingan untuk pendidikan dan perlindungan konsumen
3.   Perumusan kebijakan masyarakat dan undang-undang perlindungan konsumen
 
Faktor utama dalam proses keputusan konsumen, antara lain:
1.   Kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh produsen dan lembaga lainnya
2.   Faktor perbedaan individu konsumen
3.   Faktor lingkungan konsumen

Tahapan dalam proses keputusan konsumen : pengenalan kebutuhan à pencarian informasi à evaluasi alternatif à pembelian à kepuasan konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar