kikoo,, mpuss maniss

kikoo,, mpuss maniss
unyuuu bgt

Selasa, 26 April 2011

BAB 6 PENGETAHUAN KONSUMEN

Summarized by Nur Rizky Rahmatia (Mayor Resources and Enviromental Economics, Faculty of Economics and Management, Bogor Agricultural University (IPB))

Based on Ujang Sumarwan.2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Pemasaran. 


Pengetahuan konsumen : semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk dan jasa dan pengetahuan lainnya yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen.
Jenis pengetahuan produk :
1.      Ahli psikologi kognitif
·         Pengetahuan deklaratif
·         Pengetahuan prosedur
2.      Mowen dan Minor
·         Pengetahuan obyektif
·         Pengetahuan subyektif
·         Pengetahuan informasi lain
3.      Engel, Blackwell dan Miniard
·         Pengetahuan produk
·         Pengetahuan pembelian
·         Pengetahuan pemakaian
Jenis pengetahuan produk
·         Pengetahuan tentang karakteristik atau produk : warna, model
Atribut :
1.      Fisik : menggambarkan cirri suatu produk
2.      Abstrak : menggambarkan karakteristik produk berdasarkan persepsi konsumen
·         Pengetahuan tentang manfaat produk
·         Pengetahuan tentang kepuasan yang diberikan produk bagi konsumen
Tingkat pengetahuan produk :
·         Kelas produk
·         Bentuk produk
·         Merk produk
·         Model/ fitur
Manfaat produk :
·         Manfaat fungsional : yang dirasakan konsumen secara psikologis
·         Manfaat psikososial : aspek psikologis dan sosial yang dirasakan konsumen
·         Manfaat positif dan negative
Persepsi resiko
Konsekunsi yang tidak diinginkan dan ingin dihindari konsumen
Hal penting dalam persepsi resiko :
·         Ketidakpastian
·         Konsekuensi
·         Manfaat/ outcome yang dirasakan setelah membeli/ mengkonsumsi barang
Kategori persepsi resiko :
·         Resiko fungsi
·         Resiko keuangan
·         Resiko fisik
·         Resiko psikologis
·         Resiko sosial
·         Resiko waktu
·         Resiko hilangnya kesempatan
Pengetahuan pembelian :
Terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko tersebut dan penempatan produk di dalam toko.
Perilaku pembelian :
·         Store contact : tindakan mencari
·         Product contact : mencari lokasi dan mengambil produk
·         Transaction : membayar produk
Peranan teknologi dalam transaksi :
·         Kemajuan teknologi digital
·         Teknologi informasi dan ATM
Pengetahuan pemakaian :
Suatu produk akan memberikan manfaat jika produk tersebut telah digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar