Based on Ujang Sumarwan.2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Pemasaran.
Belajar adalah proses yang berkelanjutan
Pengalaman memainkan peranan dalam proses belajar
Terminologi belajar memiliki makna yang luas
Syarat proses belajar:
- Motivasi (motivation)
- Isyarat (cues)
- Respon (response)
- Pendorong atau penguat (reinforcement)
Jenis-jenis proses belajar
- Proses belajar kognitif (cognitif approach) yaitu menekankan pada proses mental konsumen dalam mempelajari informasi
- Proses belajar perilaku (behaviorist approach) yaitu terjadinya perubahan perilaku akibat pengalaman bukan akibat perubahan fisik
Terdiri dari tiga bagian :
classical conditioning
instrumental conditioning
vicarious learning.
Classical conditioning: suatu teori belajar yang mengutarakan bahwa mahluk hidup baik manusia maupun binatang adalah mahluk pasif yang bisa diajarkan perilaku tertentumelalui oengulangan
Aplikasi classical conditioning
- Pengulangan yaitu proses penyampaian pesan kepada konsumen berkali-kali
- Generalisasi stimulus : kemampuan seseorang konsumen untuk bereaksi sama terhadap stimulus yang relatif berbeda.
- perluasan lini produk
- merek keluarga
- me-too products
- similar name
- licencing
- generalisasi situasi pemakaian
- Diskriminasi stimulus : konsumen diharapkan bisa mengambil kesimpulan berbeda terhadap beberapa stimulus yang mirip satu dengan yang lainnya.
- positioning : citra atau image atau persepsi yang dimiliki konsumen terhadap produk tersebut
- differentiation: pemasaran atau produsen berusaha mengkomunikasikan berbagai atribut produk yang berbeda atau yang tidak dimiliki oleh produk lain.
- penguatan :
Negatif reinfocer : sesuatu yang tidak menyenangkan yang akan dirasakan konsumen karena ia tidak mengkonsumsi atau membeli suatu produk atau jasa
- hukuman : contohnya pelanggaran lalu lintas
- kepunahan : stimulus tidak memberikan kepuasan yang diharapkan. Kekecewaan menyebabkan dihentikannya pembelian
- shapping : konsumen diarah kan untuk melakukan suatu perilaku sebelum dia bisa melakukan perilaku yang diharapkam konsumen
- Product reinforcement
Produk yang dibeli dan dikonsumsi oleh konsumen, produk tersebut dengan sendirinya memberikan penguatan kepada konsumen apakah ia akan membeli ulang produk tersebut atau menghentikannya
- Nonproduct reinforcement
Produsen memberikan contoh produk baru ke konsumen pada saat maupun sebelum peluncuran produk baru tersebut
Observational learning
Proses belajar yang dilakukan konsumen ketika ia mengamati tindakan perilaku orang lain dan konsekuensi dari perilaku tersebut. Konsumen meniru perilaku dari orang lain tersebut, sehingga dikenal sebagai modeling
Tiga penggunaan vicarious learning dalam strategi pemasaran
- Mengembangkan respon baru
- Mencegah respon yang tidak dikehendaki
- Memfasilitasi respon
Tidak ada komentar:
Posting Komentar