kikoo,, mpuss maniss

kikoo,, mpuss maniss
unyuuu bgt

Kamis, 24 Maret 2011

BAB 2 KEPRIBADIAN ( CHAPTER 2 PERSONALITY)

Summarized by Nur Rizky Rahmatia (Mayor Resources and Enviromental Economics, Faculty of Economics and Management, Bogor Agricultural University (IPB))

Based on Ujang Sumarwan.2003. Perilaku Konsumen: Teori dan Pemasaran.

Pendahuluan
Tidak ada dua manusia yang persis sama dalam sifat/kepribadiannya. Masing-masing memiliki karakteristik yng unik dan berbeda. Memahami kepribadian konsumen penting bagi pemasar. Kepribadian bisa terkait dengan Perilaku Konsumen .

Definisi  kepribadian
Kepribadian merupakan karakteristik psikologis yang paling dalam yang ada dalam jiwa seseorang dan merefleksikan bagaiman seseorang berekasi terhadap lingkungannya. (Schiffman dan Kanuk 2000)
Kepribadian berarti banyak hal. Dalam studi konsumen, kepribadian merupakan respon konsisiten terhadap rangsangan lingkungan (Engel, Blackwell  and Miniard 1995)
Pola perilaku termasuk pemikiran dan emosi yang mencirikan tiap-tiap adptasi individu pada berbagai situasi dalam hidupnya. (Mowen dan Minor 1998)
Kepribadian menunjuk kepada wajah psikologis yang unik dan bagaimana ia secar konsisten mempengaruhi respon seseorang terhadap lingkungan (Solomon 1999)

 Hal-hal yang berkaitan dengan kepribadian
1.       Kepribadian menggambarkan perbedaan individu
2.       Kepribadian menunjukkan konsistensi dan berlangsung lama
3.       Kepribadian dapat berubah

 Teori Kepribadian
1.       Teori kepribadian Freud
Teori ini disebut teori psikoanalistis personality yang merupakan landasan ilmu psikologi modern. Kebutuhan yang tidak disadari (unconscious need) atai dorongan dari dalam diri merupakan inti dari motivasi dan kepribadian manusia.
Menurut Freud, personality terdiri atas 3 unsur yang saling berinteraksi:
*      Id  yaitu dasar: makan, minum dan biologis
*      Superego  yaitu  sifat patuh terhadap peraturan dan norma
*      Ego yaitu  penyeimbang Id dan superego (disadari oleh ybs)
Penerapan teori  freud pada pemasaran
*      Ketertarikan antara lawan jenis  (id)
o   Menggunakan model selebriti
§  Dian Sastro (Lux)
§  Ari wibowo (fatigon)
§  Krisdayanti (hemaviton)
*      Iklan layanan masyarakat (Ego dan superego)
o   Reaksi/penolakan atas eksploitasi berdasar ketertarikan antar lawan jenis di atas. Contoh iklan berbasis keluarga: pepsodent dan sariwangi.

2.       Teori kepribadian Neo-Freud
Kebalikan dari freud, disebut juga teori psikologi. Kepribadian dipengaruhi oleh lingkungan social dan motivasi berperilaku (untuk memenuhi kebutuhannya).
Model kepribadian menurut Horney yaitu:
*      Compliant yaitu tergantung pada orang lain.
*      Aggressive yaitu ingin menguasai orang lain.
*      Detached yaitu ingin bebas dan mandiri.
3.       Teori Ciri (Trait Theory)
Mempergunakan pendekatan kuantitatif dalam mengukur kepribadian konsumen. Mengklasifikasikan manusia ke dalam karakteristik atau sifat yang paling menonjol.

Psikografis dalam perilaku konsumen
Segmentasi pasar berdasarkan:
a.   Geografi
b.  Demografi
c.   Psikografi (Gaya hidup, Kepribadian dan Values)
d.  Behavioral

Psikografi perkotaan Indonesia
a.       Affluent: pekerja keras, PD, suka inovasi, proaktif dan berani resiko
b.      Achievers: sama seperti diatas tapi tidak suka diperhatikan
c.       Anxious: followers tapi ambisius
d.      Loners: menyendiri
e.      Socialite: suka bergaul dan impulsive
f.        Pusher: ingin mendominasi
g.       Attention seekers: cari perhatian
h.      Pleasure seekers: cari mudahnya, suka tern dan individualistik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar